Laman

Kamis, 04 Agustus 2011

Masjid-masjid di Desa kaliwungu

Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musolla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.
Di Desa Kaliwungu sendiri ada 4 Masjid jami' (jamaah besar) yang tersebar di masing masing dukuh. Ada 4 dukuh di Desa Kaliwungu dan masing-masing dukuh memiliki satu masjid jami, disamping itu juga ada masjid-masjid kecil yang juga tersebar di masing-masing dukuh.
Di Dukuh Kaliwungu ada masjid jami' Baiturrahman, Dukuh Gerung punya masjid jami' Al-Husna, Masjid jami' Nurul Muttaqin terletak di Dukuh Jetis Teguhan, dan yang terakhir masjid yang terletak di Dukuh Proko Winong yakni masjid jami' Al-Aziz.
Dibulan Puasa ini masjid-masjid di Desa Kaliwungu sangat ramai dikunjungu jamaah, banyak kegiatan yang dilakukan di masjid dibulan puasa ini, Sholat berjamaah, sholat tarawih, tadarus Al-Qur'an dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.
Marilah kita perbanyak ibadah dibulan Ramadhan ini, salah satunya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di Masjid.